Efektivitas sirkuit keuangan syariah sebagai media edukasi Simpel Bank Syariah untuk anak usia SD

Keuangan Syariah Literasi Media Edukasi Sekolah Dasar. SIKUSA Syariah Financial Literacy Educational Media Elementary School SIKUSA

Authors

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas media SIKUSA dalam upaya meningkatkan literasi keuangan syariah pada anak-anak usia sekolah dasar, khususnya di kawasan Tempurejo Surabaya.  Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan Tempurejo Surabaya, dan subjek penelitian ini ialah anak usia sekolah dasar kelas 4 hingga kelas 6. Hasil penelitian diperoleh bahwa Sirkuit Keuangan Syariah (SIKUSA) didesain dengan memadukan unsur visual dan motorik anak saat memainkan media ini yakni dengan cara menjalankan mobil menggunakan remote control untuk melewati beberapa pos yang sudah ada tentang alur menabung di bank syariah. Setiap memasuki suatu pos, mobil harus berhenti, lalu pemain SIKUSA harus membaca hingga mensimulasikan perintah maupun tahapan dalam pos tersebut. Karena poses edukasi dilakukan sambil bermain dan simulasi secara langsung, maka media SIKUSA ini menunjukkan efektivitasnya sebagai media edukasi simpanan pelajar (SimPel) bank syariah dan meningkatkan literasi keuangan syariah bagi anak usia sekolah dasar (SD) di Tempurejo Surabaya.

 

This study aims to analyze the effectiveness of SIKUSA media in improving Islamic financial literacy in elementary school-age children, especially in the Tempurejo area of Surabaya. The type of research used is a field study with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. This research was conducted in the Tempurejo area of Surabaya, and the subjects in this study were elementary school-aged children in grades 4 to 6. The results showed that the Islamic Financial Circuit (SIKUSA) was designed by combining visual and motorik elements of children when playing this media, namely by running the car using a remote control to pass through several existing posts regarding the flow of saving in Islamic banks. Every time they enter a post, the car must stop, then the SIKUSA player must read to simulate the commands and stages in the post. Because the educational process is carried out while playing and simulating directly, the SIKUSA media shows its effectiveness as an educational media for Islamic bank student savings (SimPel) and increases Islamic financial literacy for elementary school-aged children (SD) in Tempurejo Surabaya.