KEEFEKTIVAN MODEL LEARNING CYCLE DENGAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v2i2.7779Keywords:
project based learning, learning cycle 5 M, pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran IPS antara kelas yang diterapkan dengan menggunkan model Project Based Learning dan kelas yang diterapkan menggunakan model Learning Cycle 5E. Populasi penelitian di SMP N 2 Wates, pengambilan sampel diperoleh secara random dengan teknik sample random sampling untuk menentukan kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 dan didapatkan kelas eksperimen 1 yaitu kelas VIII C dan kelas eksperimen 2 yaitu kelas VIII B. teknik pengumuplan data menggunakan observasi dan tes. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk Pretest-Posttest Non-Equivalen Multiple Group Design. Teknik analisis data digunakan independent sample t-test, pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa berdasarkan analisis independent simple t-test sebagai alat dalam pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 1.856, kemudian dilihat dari t tabel untuk df = 65 adalah 1.997, dari analisis tersebut diperoleh bahwa t hitung < t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi 3.55 dibanding menggunakan model Learning Cycle 5 E.Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.