MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MELALUI METODE SCRAMBLE
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v4i2.17575Keywords:
Metode scramble, Motivasi belajar, Hasil belajar IPS, SMP N 1 PoncowarnoAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode Scramble pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno, Kebumen; dan (2) peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode Scramble di kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno, Kebumen. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) model Kemmis& Taggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno, Kebumen yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif model Miles & Huberman untuk menganalisis data kulitatif dari observasi sedangkan data kuantitatif dari angket dan tes dianalisis dengan statistik diskriptif khususnya tendensi sentral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS dengan metode sramble dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (a) menjelaskan tujuan dan materi pembelajaran, (b) membagikan lembar kerja yang di dalamnya sudah berisi scramble, (c) menampilkan slide yang berisi pertanyaan, (d) siswa menjawab pertanyaan, (e) mengoreksi jawaban antar teman sebangku, dan (f) memberikan penilaian dan memberikan reward kepada siswa yang memperoleh skor paling tinggi. Kedua: penggunaan metode Scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Peningkatan motivasi dari pra siklus sebesar 76,49% meningkat pada siklus I sebesar 83,04% dan menjadi 91,16% pada siklus II. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari pra Siklus rata-rata 68,90 dengan ketuntasan sebesar 35%, meningkat menjadi 86,90 dengan ketuntasan mencapai 89,29% pada siklus I dan 83,60 dengan ketuntasan 85,71% .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.