KESIAPAN GURU IPS SMP KABUPATEN SLEMAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.11694Keywords:
Kurikulum 2013, guru IPS, Kabupaten SlemanAbstract
Pemberlakuan kurikulum 2013 berdampak pada implementasi pembelajaran IPS di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan kesiapan guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam implementasi pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013 ditinjau berdasar jenis kelamin; 2) mengetahui perbedaan kesiapan guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam implementasi pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013 ditinjau berdasar tingkat pendidikan; 3) mengetahui perbedaan kesiapan guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam implementasi pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013 ditinjau berdasar pengalaman mengajar; 4) mengetahui perbedaan kesiapan guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam implementasi pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013 ditinjau berdasar keikutsertaan diklat. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu guru IPS SMP Kabupaten Sleman yaitu sebanyak 239 guru. Sampel penelitian diambil sebanyak 25% yaitu 60 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan kesiapan guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam implementasi pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013 ditinjau berdasar jenis kelamin; 2) tidak terdapat perbedaan kesiapan guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam implementasi pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013 ditinjau berdasar tingkat pendidikan; 3) terdapat perbedaan kesiapan guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam implementasi pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013 ditinjau berdasar pengalaman mengajar; 4) terdapat perbedaan kesiapan guru IPS SMP Kabupaten Sleman dalam implementasi pembelajaran IPS berbasis kurikulum 2013 ditinjau berdasar keikutsertaan diklat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.