Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562

Keywords:

Kesiapan mahasiswa, e-learning, Covid-19, pandemic Covid-19, Student's readiness,

Abstract

Efektivitas dari penerapan e-learning di perguruan tinggi pada situasi pandemi Covid 19 dipengaruhi beberapa faktor. Faktor yang paling penting adalah kesiapan mahasiswa menggunakan ­e-learning dalam proses perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa pendidikan fisika dalam menggunakan e-learning. Dengan mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa, dosen dan pemangku kebijakan dapat mempersiapkan kebijakan pengembangan lebih lanjut. Metode yang digunakan adalah survei. Kesiapan mahasiswa menggunakan e-learning diukur dengan menggunakan angket kesiapan mahasiswa. Angket kesiapan mahasiswa yang dikembangkan berdasarkan pada instrumen model Aydin dan Tasci. Angket kesiapan mahasiswa ini memiliki 25 pernyataan dengan 4 indikator. 75 mahasiswa pendidikan fisika dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil pengisian angket dianalisis dengan menggunakan metode suksesif interval kemudian dikategorikan ke dalam skala penilaian kesiapan e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UNY termasuk dalam kategori siap pada 3 indikator dan tidak siap pada 1 indikator. Hal ini dapat dijadikan evaluasi bagi para dosen dan pemangku kebijakan agar kesiapan mahasiswa dapat lebih ditingkatkan.   

 

Analysis of e-learning readiness on physics education students during Covid-19 pandemic

 

Abstract

The effectiveness of e-learning implementation in University during Covid-19 Pandemic is depending on several factors. The most important factor is the readiness of students using e-learning in the studying process. The aim of this research is to know physics education student's readiness in using e-learning. By knowing student's e-learning readiness, lecturer and stakeholders would be able to prepare further development of e-learning. The method in this research is survey method. Student's e-learning readiness is measured by using student's e-learning readiness questionnaire. This questionnaire is developed based on Aydin and Tasci Model. This questionnaire has 25 statements and 4 indicators. 75 students involved in this research. The results are analyzed using successive interval method then categoryzed using e-learning readiness scale. The results show that Physics Education Students of UNY are ready in 3 indicators and not ready in only 1 indicator. This result could be an evaluation for lecturers and stakeholders to increase student's e-learning readiness.

Author Biographies

Bayu Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta

Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,

Pri Ariadi Cahya Dinata, Universitas Palangka Raya

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

References

Al-Said, K. M. (2015). Students' perceptions of edmodo and mobile learning and their real barriers towards them. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 14(2), 167–180. http://www.tojet.net/articles/v14i2/14220.pdf

Ali, M., Djatmiko, I. W., Sigit, Y., & Munir, M. (2010). Studi pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran guru dan siswa SMK di Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Angraini, A., & Suryadi, D. (2015). Pengukuran tingkat kesiapan penerapan e-learning menggunakan TRI (Technology Readiness Index), Studi kasus: UIN SUSKA Riau. Sisfo, 05(03). https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.03.003

Aydin, C. H., & Tasci, D. (2005). Measuring readinesss for e-learning: Reflection from emerging country. Educational Technology and Society Journal, 8(4), 244–257. https://www.learntechlib.org/p/75035/

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.

Dinata, P. A. C., Suparwoto, S., & Sari, D. K. (2020). Problem-based online learning assissted by whatsapp to facilitate the scientific learning of 2013 Curriculum. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7647

Fariani, R. I. (2013). Pengukuran tingkat kesiapan e-learning (e-learning readiness) (Studi kasus pada perguruan tinggi ABC di Jakarta). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 1(1). https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/3063

Faslah, R., & Santoso, H. B. (2017). Analisis kesiapan implementasi e-learning menggunakan e-learning readiness model. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 3(2), 113. https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.431

Hasan, B. (2017). Teaching elementary mathematics using power point based screencast O-Matic videos. INA-Rxiv. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/728V9

Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. http://caepnet.org/~/media/Files/caep/knowledge-center/lawshe-content-validity.pdf

Muthuchamy, I., & Thiyagu, K. (2011). Technology and teaching: Learning skills. Gyan Publishing House.

Ravitz, J., & Blazevski, J. (2014). Assessing the role of online technologies in project-based learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 8(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1410

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020a). Instruksi Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran, layanan akademik, dan layanan umum untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020b). Keputusan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 31.16/UN34/III/2020 tentang tim Covid-19 Crisis Center (3C). Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020c). Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2020 tentang antisipasi penyebaran virus corona di Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020d). Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020e). Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2020 sebagai tindak lanjut dari Instruksi Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran, layanan akademik, dan layanan umum untuk pencegaha. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020f). Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 9 Tahun 2020 tentang pelaksanaan perkuliahan semester genap 2019/2020 pada masa tanggap darurat bencana Covid-19 di Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosenberg, M. J., & Foshay, R. (2002). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. Performance Improvement, 41(5), 50–51. https://doi.org/10.1002/pfi.4140410512

Setiaji, B., & Jumadi, J. (2018). Developing physics subject-spesific pedagogy on problem based learning model assisted by e-learning to enhance student's scientific literacy skill. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 37(3). https://www.gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/8933

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259

Setyoningsih, S. (2015). E Learning: Pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 3(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v3i1.1443

Shawar, B. A. A., & Al-Sadi, J. A. (2010). Learning management systems: Are they knowledge management tools? International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 5(1). https://doi.org/10.3991/ijet.v5i1.887

Wannemacher, K. (2006). Functional differentiation of incentives for e-teaching at universities. Current Developments in Technology-Assisted Education, 72–76.

Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Candra D, S. (2016). Mathematics literacy on problem-based learning with Indonesian realistic mathematics education approach assisted e-learning edmodo. Journal of Physics: Conference Series, 693, 012014. https://doi.org/10.1088/1742-6596/693/1/012014

Waryanto, N. H., & Insani, N. (2013). Tingkat kesiapan (readiness) implementasi e-learning di sekolah menengah atas Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2478

World Health Organization. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. Who.Int. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19)Situation Report –71. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200331-sitrep-71-covid-19.pdf?sfvrsn=4360e92b_8

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562

Issue

Section

Articles