NILAI-NILAI HUMANIS-RELIGIUS R.A KARTINI DI MASA HIATUS TANAH JAWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v21i1.83764Keywords:
nilai, humanis-religius, nasionalisme, R.A Kartini, masa hiatus, JawaAbstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai humanis-religius dan nasionalisme R.A Kartini serta pengakuan terhadap budaya Jawa dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Metode yang digunakan ialah studi literatur untuk membantu menemukan ide-ide dan pendapat guna menganalisa dan memberi nilai tambah pada penelitian yang dilakukan. Hasil studi menunjukkan bahwa pada masa tersebut, Jawa (dalam konteks kerajaan Mataram) berada pada masa antara yang diliputi dengan deskripsi bersifat positif maupun negatif. Pengaruh kehidupan di masa kolonialisme telah membawa perubahan-perubahan besar pada tatanan masyarakat. Terdapat pula pandangan hidup R.A Kartini yang memberikan fokus pada kapasitas manusia dalam mengatasi masalah dan keputusasaan. Pada aspek spiritual dan filosofis karakter dasar religius, teori religi-Gazalba sebagai kecenderungan rohani manusia yang berhubungan dengan alam semesta, ditemukan pada nilai dan makna tanah Jawa sebagai pengakuan atas karunia yang suci. Disimpulkan bahwa terdapat perubahan-perubahan struktur dan kelembagaan yang terjadi pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, yang disebut masa hiatus, diantaranya perubahan sejarah dalam produk seni musik dan lukisan. Kartini memberikan pengaruh terhadap konsep Indonesia yang diungkapkan sebagai bentang alam/landscape dalam tulisan- tulisannya.
References
Abdullah, M. (2022). Islam nusantara: Tracing the traces of kh sholeh darat thought in pesantren literature. E3S Web of Conferences, 359. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202235906003
Abdullah, M., Thohir, M., & Rukiyah. (2021). The Arom of Islamization of Java in The Literature of Pesantren: Study of The Rahman Faithur Book by K.H. Sholeh Darat. E3S Web of Conferences, 317, 1–6. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131703008
Ahlstrand, J., & Maniam, V. (2024). Kartini, Online Media, and the Politics of the Jokowi Era: A Critical Discourse Analysis. Asian Studies Review, 00(00), 1–21. https://doi.org/10.1080/10357823.2024.2347859
Alkhajar, E. N. S. (2011). Menguak Mitos Dan Legenda Dalam Balutan Industri Budaya. Komunikasi Massa, 4(2), 1–7.
Amalia, D., Rosdiana, A., Al Azizi, N., & Wulandari, A. (2024). Semiotika Batik Jepara sebagai Bentuk Identitas Budaya Lokal Masyarakat Jepara. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.19105/ejpis.v6i1.12169
Arifah, N. K., & Novita, A. (2023). Pendidikan dan Nasionalisme: Analisis Pemikiran Raden Ajeng Kartini sebagai Pahlawan Emansipasi Perempuan. Kariman, 11(2), 314–323.
Coté, J. (2017). Female Colonial Friendships in Early 20th Century Java: Exploring New Correspondence by Kartini's Sisters. Dutch Crossing, 41(1), 21–43. https://doi.org/10.1080/03096564.2016.1139778
Creswell, J. W., & David Creswell, J. (n.d.). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (1990). John W. In Mycological Research (Vol. 94, Issue 4, p. 522).
Fatimah*, A., & Pamungkas, D. (2022). Feminisme dan Nilai Moral Novel "Panggil Aku Kartini Saja" Karya Pramoedya Ananta Toer. Dinamika, 5(2), 84. https://doi.org/10.35194/jd.v5i2.2183
Ima, D., Restu, N., & Yusuf, S. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter R.a Kartini Dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 2(1), 350–361. https://doi.org/10.20885/tullab.vol2.iss1.art12
JASMINE, K. (2014). 済無No Title No Title No Title. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 45.
Kartini, K. R. A., & Relevansinya, D. A. N. (n.d.). DALAM BUKU HABIS GELAP TERBITLAH TERANG. 141–161.
Marthen Mau, M. A. A. L. M. dan H. H., Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Ngabang, M., Tinggi Teologi Injili Arastamar Ngabang, S., & Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta, S. (2022). Memancarkan Pengajaran Makna "Habis Gelap Terbitlah Terang" Berdasarkan Efesus 5:1-21 Dalam Diri Orang Kristen Markus Amid Aprianus Ledrik Moimau Hasahatan Hutahaean. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(2), 329–349. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i2.86
Mayer, N. (2018). Qualitatif ou quantitatif ? Plaidoyer pour l'éclectisme méthodologique. BMS Bulletin of Sociological Methodology/ Bulletin de Methodologie Sociologique, 139(1), 7–33. https://doi.org/10.1177/0759106318778821
Maziyah, S., & Dwi Trivia, M. (2020). Culture and environment of the end 19thcentury jepara society religious character formers r.a. kartini. E3S Web of Conferences, 202, 1–6. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020207060
Nimasari, R. (2018). Postkolonialisme, bentuk pandangan, bentuk penindasan, bentuk perlawanan. Jurnal Bapala, 5(2), 1–18.
Sasi, G. A., Wuryani, E., & Sunardi, -. (2021). Modifikasi Atau Modernisasi (?): Permainan Anak di Sekolah Kartini Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 80–90. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p80-90
Strauss, J. C. A. (2014). Basics of qualitative research : techniques and procedures for developing grounded theory / Anselm Strauss, Juliet Corbin. (p. 456). https://books.google.fr/books?hl=fr&lr=&id=hZ6kBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Basic+of+qualitative+research:+techniques+and+procedures+for+developing+grounded+theory,&ots=6iSdNCaDT1&sig=vK3f8RF62vT5TNZscau5uQgIW9w#v=onepage&q=Basic of qualitative research%3A t
Tsuchiya, L. K. (2024). Javanes Javancse. Japanese Journal of Southeast Asian Studies, 22(1), 53–74.
Wilson, T. D. (2001). Reflexive Ethnography: A Guide to Researching Selves and Others. In American Anthropologist (Vol. 103, Issue 2). https://doi.org/10.1525/aa.2001.103.2.566
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index