DIMENSI-DIMENSI KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • admin Wisnu istoria

DOI:

https://doi.org/10.21831/istoria.v9i1.6260

Abstract

ABSTRAK

Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran sangat  ditentukan oleh tinggi rendahnya kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, aktivitas dan kreativitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar akan berkualitas apabila didukung oleh guru yang professional memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial  sesuai dengan tuntutan yang tertuang di dalam UU Guru dan Dosen Pasal 10.

Di samping itu, kualitas proses pembelajaran juga dapat maksimal jika didukung oleh siswa yang berkualitas (cerdas, memiliki motivasi belajar yang tinggi dan  sikap positif dalam belajar), dan didukung sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Guru yang profesional akan memungkinkan memiliki kinerja yang baik, begitu pula dengan siswa yang berkualitas memungkinan siswa memiliki perilaku yang positif dalam kegiatan belajar mengajar. Interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa yang positif akan mewujudkan budaya kelas yang positif dan impresif atau suasana pembelajaran (classroom climate) yang mendukung untuk proses belajar siswa.

Kata Kunci: Kualitas, Pembelajaran, Sejarah

Downloads

Published

2011-04-03

How to Cite

[1]
istoria, admin W. 2011. DIMENSI-DIMENSI KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH. ISTORIA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah. 9, 1 (Apr. 2011). DOI:https://doi.org/10.21831/istoria.v9i1.6260.