PERSPEKTIF SPIRITUALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Danu Eko Agustinova Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/istoria.v10i1.3166

Abstract

Banyak materi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk membangun karakter bangsa, dengan melalui penanaman dan transformasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan, akhlak mulia dan nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an seperti nilai-nilai religiositas, kemanusiaan dan keadilan, sosialisme, nasionalisme, patriotisme, demokrasi, toleransi, kearifan, keteladanan. Tentu hal ini sangat menuntut keberanian dan kreativitas guru. Dan sebagai bagian dari upaya pengembangan profesionalismenya, guru perlu merubah pembelajaran sejarah yang kognitif menjadi pembelajaran yang lebih bermakna, kontekstual, dan menyentuh aspek-aspek afektif atau kecerdasan emosional, serta kecerdasan spiritual. Pembelajaran sejarah yang bersifat kognitif hanya akan melahirkan kepuasan dengan durasi sesaat, sebaliknya pembelajaran sejarah yang mampu melatih kecerdasan emosional dan spiritual, akan melahirkan kesadaran sejarah yang sejati. Inilah modal penting untuk mewujudkan bangsa yang berkarakter, bangsa berkepribadian.

 

Kata Kunci: Spiritualisme, Pembelajaran, Sejarah

Published

2014-05-14

How to Cite

[1]
Agustinova, D.E. 2014. PERSPEKTIF SPIRITUALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. ISTORIA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah. 10, 1 (May 2014). DOI:https://doi.org/10.21831/istoria.v10i1.3166.