PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI: Sebuah Alternatif Metode Belajar Tari

Authors

  • - Kuswarsantyo
  • - Kusnadi
  • Titik Agustin

DOI:

https://doi.org/10.21831/imaji.v14i1.9535

Abstract

Pengembangan video pembelajaran tari ini  bertujuan untuk memberikan kemudahan peserta didik yang akan mempelajari tari secara mendiri (tanpa guru). Video ini dibuat dengan dua sistem. Pertama dengan iringan lengkap, dan kedua tanpa iringan (hanya dengan hitungan). Cara penggunaan video pembelajaran tari ini adalah mengacu pada konsep pembelajaran SAS (Struktur Analisa Sintesa) yang merupakan metode keunsuran yang akan memberikan kejelasan pada peserta didik dalam mengamati ragam per ragam tari yang diajarkan. Metode ini dipadu dengan metode imitasi dan demonstasi yang dilakukan guru dalam  media ini. Perpaduan metode pembelajaran tersebut  untuk memperjelas aksentuasi gerak yang dilakukan model pada pengguna media ini (peserta didik/guru). Hasil dari pengembangan  media pembelajaran melalui video ini adalah :1) peserta didik akan dimudahkan dalam menambah jam pelajaran di luar kelas ; 2) dengan media pembelajaran video ini tingkat kesalahan teknis mengenai ragam gerak dapat diminimalisir ; 3) dengan materi pembelajaran video ini akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam  berkespresi baik gerak, irama dan penghayatan tarinya.

 

Downloads

Published

08-06-2016

How to Cite

Kuswarsantyo, .-., Kusnadi, .-., & Agustin, T. (2016). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI: Sebuah Alternatif Metode Belajar Tari. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 14(1), 65–70. https://doi.org/10.21831/imaji.v14i1.9535