GAYA HIDUP MODERN DAN IKLAN (Budaya Makan Mi Instan sebagai Identitas)

Authors

  • Prayanto Widyo Harsanto Disain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/imaji.v7i1.6645

Abstract

Ideologi konsumerisme mendorong kebutuhan palsu dan bahwa kebutuhan ini akan bekerja sebagai satu bentuk kontrol sosial. Iklan dengan berbagai macam penampilan dan bentuknya, pada dasarnya berfungsi untuk memberi informasi tentang produk barang atau jasa kepada publik. Tujuannya adalah agar masyarakat tergerak untuk membeli atau mengkonsumsi produk-produk tersebut. Iklan berusaha berlomba-lomba membangkitkan hasrat konsumen untuk berbelanja bahkan lebih ngeri lagi, konsumen menjadi shopholik (gemar sekali belanja). Tidak dapat disangkal bahwa media komunikasi massa turut berperan penting dalam pembentukan pola produksi dan konsumsi. Melalui iklan di media massa orang didorong untuk mengkonsumsi produk yang diiklankan dan membentuk sebuah citra (image) akan sebuah produk

Keywords: gaya hidup, mie instan, dan iklan

Downloads

How to Cite

Harsanto, P. W. (2015). GAYA HIDUP MODERN DAN IKLAN (Budaya Makan Mi Instan sebagai Identitas). Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 7(1). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i1.6645