Evaluation of the use of e-learning in the implementation of the "Stake's countenance" model in the era of the Covid 19 pandemic
DOI:
https://doi.org/10.21831/imaji.v21i1.54425Abstract
The learning process in the Master of Arts Education Study Program during the Covid-19 pandemic experienced problems not being able to hold meetings offline. The purpose of the study was to evaluate the use of e-learning with a countenance stake model. This research uses a qualitative evaluation method with a countenance evaluation model by Stake. Matters evaluated include (1) Antecedent (context, input); (2) Transactions (processes) and (3) Outcomes (results) of curriculum implementation. The results showed that learning in the Master of Arts Education Study Program during the Covid-19 pandemic went smoothly. A total of 21.57% of the smooth learning process has the category of mostly smooth meetings. The suitability of student learning outcomes with CPL was 88.46%. CPL Based on the results of the questionnaire, data was obtained that the achievement of appropriate student learning outcomes (80-100%) was 83.33%. These results illustrate that student learning outcomes are fulfilling the aspect of achievement.
Keywords: Art learning, evaluation, countenance stake
Evaluasi pemanfaatan e-learning dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model "countenance stake" di era pandemi Covid 19
Abstrak
Proses pembelajaran di Program Studi Magister Pendidikan Seni masa pandemi covid-19 mengalami kendala tidak bisa melakukan pertemuan secara luring. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi penggunaan e-learning dengan model countenance stake. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi kualitatif dengan model countenance evaluation oleh Stake. Hal-hal yang di evaluasi meliputi (1) Antecedent (konteks, input); (2) Transaction (proses) dan (3) Outcomes (hasil) pelaksanaan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di Program Studi Magister Pendidikan Seni masa pandemi covid-19 berjalan lancar. Sejumlah 21,57% kelancaran proses pembelajaran memiliki kategori sebagian besar pertemuan lancar. Kesesuaian hasil belajar mahasiswa dengan CPL sebesar 88,46%. CPL Berdasarkan hasil angket diperoleh data bahwa ketercapaian hasil belajar mahasiswa yang sesuai (80-100%) sejumlah 83,33%. Hasil tersebut menggambarkan hasil belajar mahasiswa terlah memenuhi aspek ketercapaian.
Kata Kunci: Pembelajaran Seni, evaluasi, countenance stake
References
Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi mahasiswa PIAUD terhadap kuliah online di masa pandemi Covid-19. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1): 44-58.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi Covid-19 terhadap mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2): 99-108.
Arrazaq, N. R. (2019). The value of character education based on history of the Mataram Kuno Kingdom in the 8th-9th AD. Istoria: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 15(1): 1-14.
Arrazaq, N. R. & Aman, A. (2020). Kajian nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi Kadeso yang dilakukan oleh masyarakat Kemiri Temanggung. Jantra, 15(1): 61-70.
Arrazaq, N. R., Kumalasari, D., & Yusuf, S.M. (2021). Penggambaran Qilin pada mimbar Masjid Gedhe Mataram Kotagede: Kajian arkeologi seni. Walennae: Jurnal Arkeologi Sulawesi Selatan dan Tenggara, 19(2): 101-110.
Astutiningtyas, R. & Yanuartuti, S. (2020). Relokasi pembelajaran seni dalam bentuk daring online untuk meningkatkan kreativitas selama pandemi Covid-19. Jurnal Pelita PAUD, 5(1): 138-145.
Elen, T. & Putri, R. R. (2020). Kuliah online di masa pandemi Covid-19. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2): 214-226.
Miswanto, M. (2020). Prokrastinasi akademik mahasiswa di era kuliah online masa pandemi Covid-19. Psychocentrum Review, 4(1): 125-139.
Muqorobin & Rais, N. A. R (2021). Komparasi aplikasi daring dalam pembelajaran kuliah di masa pandemi virus Corona. Jikobis: Jurnal Informatika, Komputer, dan Bisnis, 1(1): 019-031.
Putri, A. R., Rahman, B. A., Insani, M. Y. S., & Mayar, F. (2021). Analisis kreativitas siswa sekolah dasar dalam pembelajaran seni melalui kegiatan kolase pada masa pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1): 102-112.
Wibowo, D. V. & Nugraheni, A. S. (2021). Implementasi pembelajaran kreatif seni rupa anak PAUD berbasis daring. Imaji: Jurnal Seni dan Pembelajaran, 19(2): 198-212.
Yasa, I. K. A., Hardiman, H., & Suartini, K. (2022). Penggunaan media daring dalam pembelajaran seni rupa pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 12(1): 62-68.