KENDALA PENCIPTAAN KARYA TARI OLEH MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4048Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kesulitan mahasiswa dalam menciptakan karyatari pada mata kuliah Koreografi III mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari FBS, UNY.
Untuk menemukan tingkat kesulitan yang dialami mahasiswa digunakan pendekatan Dikriptip
Kuantitatip, sujek penelitian mahasiswa yang mengambil mata kuliah koreografi III pada semester
ganjil tahun ajaran 2013/1014 berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Tari ,FBS, UNY khususnya untuk mahasiswa yang
menempuh kuliah pada semester 9. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut mahasiswa yang
mengalami kesulitan dalam penciptaan karya tari pada mata kuliah koreografi III terletak pada
elemen –elemen koreografi diantaranya: penentuan cerita, tema, busana, gerak, dan musik. Adapun
tingkat kesulitan dari kelima elemen tersebut cerita 2,08%, tema 2,22 %, busana 2,26 %, gerak 2,46
%, dan musik 3,10 %. Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa tingkat kesulitan yang paling tinggi
terletak pada penentuan cerita.
Downloads
Published
26-03-2015
How to Cite
Seriati, N. N. (2015). KENDALA PENCIPTAAN KARYA TARI OLEH MAHASISWA. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 13(1). https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4048
Issue
Section
Articles