Urgensi pengembangan media digital pada pembelajaran bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21831/hum.v30i2.85510Keywords:
Bahasa Indonesia, Media, Digital, PengembanganAbstract
Artikel ini membahas tentang urgensi pengembangan media digital untuk pembelajaran bahasa Indonesia pada. Artikel ini merupakan hasil penelitian menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya media pembelajaran digital dalam mensukseskan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis digital mampu meningkatkan kemandirian belajar, pembelajaran berani lebih bersifat berpusat pada siswa yang menyebabkan mereka mampu memunculkan tanggung jawab, otonomi dalam belajar dan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran antar pengajar dan pembelajar. Dapat dideskripsikan bahwa peran media belajar menjadikan materi dalam pembelajaran bahasa Indonesia lebih menarik dan menyenangkan serta adanya dukungan dalam program kurikulum merdeka terhadap guru dalam mengembangkan, menyusun, dan menyiapkan media belajar di kelas. Di mana dengan pemilihan media belajar yang tepat akan memberikan dan menumbuhkan rasa senang dan tertarik dalam belajar. Hal ini pun berlaku pada pembelajaran bahasa Indonesia yang dianggap membosankan. Beragamnya media belajar yang ada dapat membantu guru dalam menyiapkan media belajar di kelas guna meningkatkan keberhasilan belajar di kelas.(Maisarah et al., 2022)
References
Ali, A., Ali, M., Ali, R., & Hasanah, A. (2024). Shaping Superior Learners Through Digitalization Of Indonesian Language Learning According to The Independent Curriculum. Jurnal Hata Poda. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v3i2.13447
Ali, M., & Ali, A. (2024). Digital Exploration in Indonesian Language Learning for Character Enhancement. Jurnal Hata Poda. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v3i2.13448
Herawati, A., Siregar, A., Yusrizal, Y., Rahma, A., Sari, A., & Irwandi, I. (2022). Utilization of E-Learning as Media in Indonesian Language Courses in Higher Education Post COVID-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1455
Jasmari, J. (2024). Digital-based Indonesian Language Learning Strategy in Higher Education : A Systematic Review for 2020-2024. International Journal of Education and Literature. https://doi.org/10.55606/ijel.v4i1.181
Khoirunnisaa, A., Aldani, N., Alwi, A., & Syam, S. (2025). Dampak Media Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia di SDN 10 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1570
Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348
Mar’atussolichah, M., Ibda, H., Hakim, M., Faizah, F., Aniqoh, A., & Mahsun, M. (2024). Benkangen game: Digital media in elementary school Indonesian language. Journal of Education and Learning (EduLearn). https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i2.21091
Perdana, I., Eria, R., Saragi, S., Aribowo, E. K., Raya, U. P., Widya, U., & Klaten, D. (2020). MEDIA KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Students ’ Perception of Utilizing Kahoot In Indonesian Language Learning. 08(02), 290–306.
Pramudianto, V., & Iskandar, L. (2024). Pemanfaatan dan Pengembangan Media Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing: Inovasi, Implementasi Dan Tantangan. Sintaksis : Publikasi Para ahli Bahasa dan Sastra Inggris. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i6.1188
Ramadani, F., Desyandri, D., Sukma, E., & Erita, Y. (2024). Development of Interactive Multimedia Indonesian Language Teaching Material Based on Problem-Based Learning (PBL) in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4742
Solikhah, A. A., Nurlina, L., & Purwokerto, U. M. (2024). Metafora : Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Pemanfaatan Media Digital pada Pembelajaran BIPA : Sebuah Kajian Literatur. 11(1), 63–72. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i1.20746
Sukaryanti, D., Nasution, F. N., Indria, S., & Hadi, W. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Digital dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV, 185–190.
Sumadyo, B., Prameswari, J. Y., & Susanti, D. I. (2024). Metafora : Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital dalam Kurikulum Merdeka di SDS IT Nurul Yaqin. 11(2), 391–396. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.24690
Suryanti, E., Tri Widayati, R., Nugrahani, F., & Veronika, U. P. (2024). Pentingnya Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 33(1), 505–514. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4944
Wulandari, R., Aminah, S., Pratiwi, V., & Nugrahaini, F. (2024). Analysis of the Use of Graphic, Audiovisual and Computer Media in Indonesian Language Learning in Elementary Schools. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture. https://doi.org/10.25299/jlelc.2024.16115
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Penelitian Humaniora. However, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



