Trik sulap dan ilmu psikologi: Membedah psikologi dibalik kidung sulapan KBG 107

Authors

  • Jannati Zumaroh Yogyakarta State University

DOI:

https://doi.org/10.21831/hum.v30i2.79785

Keywords:

Kidung Sulapan, Fiilologi, Psikologi

Abstract

Artikel ini membahas "Kidung Sulapan," naskah abad ke-19 dari Batavia yang menggambarkan trik sulap tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan filologi modern yang dikombinasikan dengan psikologi untuk menguraikan trik-trik sulap serta dampaknya terhadap persepsi dan emosi penonton. Naskah ini menarik karena mengungkap bagaimana sulap memanfaatkan kelemahan persepsi manusia, seperti pengalihan perhatian dan ilusi optik, untuk menciptakan efek keajaiban. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan isi naskah dan menganalisis penggunaan prinsip psikologi persepsi serta emosi oleh pesulap. Melalui metode deskriptif dan filologi modern, kajian menjelaskan trik seperti mengubah tinta menjadi air, menghadirkan objek tersembunyi, dan memunculkan benda dari tempat tak terduga. Hasilnya menunjukkan bahwa trik sulap bergantung pada pengalihan perhatian dan ilusi visual, menghasilkan emosi seperti kagum, takjub, dan kebahagiaan. Penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman tentang hubungan seni pertunjukan tradisional dengan psikologi, serta menjadi referensi untuk kajian lebih lanjut mengenai naskah-naskah kuno yang berkaitan dengan seni dan psikologi.

 

References

Ariyanto, T. V. A. (2019). Perancangan Promosi Mr. Arian Magic Course Melalui Media Video Iklan (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Baried, S. B., Soeratno, S. C., Sawoe, S., Sutrisno, S., Syakil, M., & Syakil, M. (1985).

Pengantar teori filologi.

Bhinnety, M. (2008). Mengintegrasikan Psikologi melalui Perumusan Kembali Domain Obyek Studi. Buletin Psikologi, 16(1).

Care, U. W. Buka Kunci Kekuatan Tersembunyi Roda Emosi Plutchik.

Darusuprapta, 1990. Ajaran Moral dalam Susastra Suluk, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamaris, Edwar. (2002). Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV Manasco.

Djamaris, Edwar. 1977. “Filologi dan Cara Kerja Penelitian Filologi” dalam Bahasa dan Sastra. Tahun III Nomor 1 halaman 20-33.

Febri, A. (2024). Persepsi Aktivis Mahasiswa Politik Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Terhadap Pembangunan Infrastruktur di Kota Bandar Lampung (Studi pada Aktivis Mahasiswa Prodi Pemikiran Politik Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah.

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 30-39.

Hm, Ely. M. (2016). Mengelola kecerdasan emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 198-213.

Latifa, R. (2012). Psikologi Emosi.

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202.

Maryam, E. W. (2018). Buku Ajar Psikologi Sosial Jilid I. Umsida Press, 1-141. Mukaromah, U., & Basri, A. S. H. (2015). Layanan Konseling Individu Dalam Mengatasi

Emosi Negatif Siswa Tunanetra Di MAN Maguwoharjo. Jurnal Hisbah, 12(2), 1.

Novianto, E. (2008). Persepsi Masyarakat Tentang Subsidi Langsung Tunai (Studi Kasus Penanggulangan Kemiskinan Di Kel. Bukit Biru Kec. Tenggarong). Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 8(2).

Novinggi, V. (2019). Sensasi dan Persepsi Pada Psikologi Komunikasi. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 10(1), 40-51.

Rahmadhani, D. Representasi Pengendalian Emosi Dasar Dalam Film Animasi Anak Inside Out (Bachelor's thesis, FITK).

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ramadanti, M., Sary, C. P., & Suarni, S. (2022). Psikologi Kognitif (Suatu Kajian Proses Mental dan Pikiran Manusia). Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(1), 56-69.

Ramadanti, M., Sary, C. P., & Suarni, S. (2022). Psikologi Kognitif (Suatu Kajian Proses Mental dan Pikiran Manusia). Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(1), 56-69.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Simanjuntak, M. B. (2018). Disposisi Religio-Strategis Skemata Algoritma Mark C. Taylor dan Yuval Noah Harari. Melintas, 34(1), 1-34.

Sudarsono, A., & Suharsono, Y. (2016). Hubungan Persepsi Terhadap Kesehatan Dengan Kesadaran (Mindfulness) Menyetor Sampah Anggota Klinik Asuransi Sampah Di Indonesia Medika. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(01), 31-52.

Sugarni, M., Keb, S. T., & Keb, M. Persepsi: Attention. Psikologi Kognitif, 26. Sumanto, M. A. (2014). Pisikologi Umum. Media Pressindo.

Sumarandak, M. E., Tungka, A. E., & Egam, P. P. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen Di Manado. Spasial, 8(2), 255-268.

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran.

Anthor: Education and Learning Journal, 2(4), 566-576.

Wiryono, S., & Amanah, S. (2022). Alih Bahasa Kidung Sulapan (KBG 107). Jakarta: Perpusnas Press.

Published

2025-10-01

How to Cite

Zumaroh, J. (2025). Trik sulap dan ilmu psikologi: Membedah psikologi dibalik kidung sulapan KBG 107. Jurnal Penelitian Humaniora, 30(2). https://doi.org/10.21831/hum.v30i2.79785

Issue

Section

Articles