KEEFEKTIFAN METODE KOMPREHENSIF UNTUK PENGEMBANGAN NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7669Keywords:
metode komprehensif, pemahaman nilai nasionalisme, sikap terhadap nilai nasionalismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pada pemahaman nilai nasionalisme siswa yang mengikuti pembelajaran PPKn dengan metode komprehensif dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional; (2) perbedaan pada sikap terhadap nilai nasionalisme siswa yang mengikuti pembelajaran PPKn dengan metode komprehensif dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional; dan (3) keefektifan metode komprehensif untuk pengembangan nilai nasionalisme (pemahaman dan sikap terhadap nilai nasionalisme) dibandingkan dengan metode konvensional. Penelitian ini merupakanpenelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian siswa kelas VIII, sampel dipilih dengan teknik random sampling (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, nontes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman nilai nasionalisme siswa kelas eksperimen (metode komprehensif) dan kelas kontrol (metode konvensional); (2) terdapat perbedaan sikap terhadap nilai nasionalisme siswa kelas eksperimen (metode komprehensif) dan siswa kelas kontrol (metode konvensional); dan (3) metode komprehensif lebih efektif untuk pengembangan nilai nasionalisme (pemahaman dan sikap terhadap nilai nasionalisme).Downloads
Published
2015-09-30
How to Cite
Ulfah, N., & Zuchdi, D. (2015). KEEFEKTIFAN METODE KOMPREHENSIF UNTUK PENGEMBANGAN NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7669
Issue
Section
Articles
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |