KEEFEKTIFAN METODE KOMPREHENSIF UNTUK PENGEMBANGAN NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Authors

  • Nufikha Ulfah Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) PPs UNY
  • Darmiyati Zuchdi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7669

Keywords:

metode komprehensif, pemahaman nilai nasionalisme, sikap terhadap nilai nasionalisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pada pemahaman nilai nasionalisme siswa yang mengikuti pembelajaran PPKn dengan metode komprehensif dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional; (2) perbedaan pada sikap terhadap nilai nasionalisme siswa yang mengikuti pembelajaran PPKn dengan metode komprehensif dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional; dan (3) keefektifan metode komprehensif untuk pengembangan nilai nasionalisme (pemahaman dan sikap terhadap nilai nasionalisme) dibandingkan dengan metode konvensional. Penelitian ini merupakanpenelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian siswa kelas VIII, sampel dipilih dengan teknik random sampling (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, nontes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman nilai nasionalisme siswa kelas eksperimen (metode komprehensif) dan kelas kontrol (metode konvensional); (2) terdapat perbedaan sikap terhadap nilai nasionalisme siswa kelas eksperimen (metode komprehensif) dan siswa kelas kontrol (metode konvensional); dan (3) metode komprehensif lebih efektif untuk pengembangan nilai nasionalisme (pemahaman dan sikap terhadap nilai nasionalisme).

Downloads

Published

2015-09-30

How to Cite

Ulfah, N., & Zuchdi, D. (2015). KEEFEKTIFAN METODE KOMPREHENSIF UNTUK PENGEMBANGAN NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7669

Issue

Section

Articles