PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN PKn SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7662Keywords:
multimedia interaktif, pendekatan saintifik, pembelajaran PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik untuk pelajaran PKn SMP, (2) menganalisis kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan, dan (3) menganalisis efektifitasnya untuk pembelajaran PKn. Jenis peneltian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), yang dilakukan melalui empat tahap, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan pengembangan media, produksi/pengembangan media, dan validasi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik pada pelajaran PKn SMP telah berhasil dikembangkan; (2) kualitas media berdasarkan validasi ahli media, dengan rata-rata 4,16 (baik), kualitas aspek materi pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi dengan rata-rata 3,95 (baik), berdasarkan penilaian siswa terhadap aspek media, aspek materi dan aspek pembelajaran dengan rata-rata skor 4,13 (baik). Dengan demikian media yang dikembangkan layak untuk digunakan; (3) hasil belajar kognitif siswa meningkat dari rata-rata 69,6 menjadi 93,1 (94,4%) (sangat baik). Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa produk multimedia interaktif yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran PKn dengan pendekatan saintifik di SMP.Downloads
Published
2015-09-30
How to Cite
Candra, A. A., & Masruri, M. S. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN PKn SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7662
Issue
Section
Articles
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |