PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN PKn SMP

Authors

  • Alif Aditya Candra Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial PPs UNY
  • Muhsinatun Siasah Masruri Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7662

Keywords:

multimedia interaktif, pendekatan saintifik, pembelajaran PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik untuk pelajaran PKn SMP, (2) menganalisis kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan, dan (3) menganalisis efektifitasnya untuk pembelajaran PKn. Jenis peneltian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), yang dilakukan melalui empat tahap, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan pengembangan media, produksi/pengembangan media, dan validasi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik pada pelajaran PKn SMP telah berhasil dikembangkan; (2) kualitas media berdasarkan validasi ahli media, dengan rata-rata 4,16 (baik), kualitas aspek materi pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi dengan rata-rata 3,95 (baik), berdasarkan penilaian siswa terhadap aspek media, aspek materi dan aspek pembelajaran dengan rata-rata skor 4,13 (baik). Dengan demikian media yang dikembangkan layak untuk digunakan; (3) hasil belajar kognitif siswa meningkat dari rata-rata 69,6 menjadi 93,1 (94,4%) (sangat baik). Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa produk multimedia interaktif yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran PKn dengan pendekatan saintifik di SMP.

Downloads

Published

2015-09-30

How to Cite

Candra, A. A., & Masruri, M. S. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN PKn SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7662

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)