PEMBELAJARAN MODEL STS BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, SIKAP, DAN HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Purnomo Sidi
  • Ajat Sudrajat

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas belajar, (2) sikap siswa terhadap pembelajaran, dan (3) hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII-A SMP N 3 Leksono tahun pelajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi, angket, tes, dan wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dengan nilai rata-rata untuk membandingkan kemajuan antar siklus. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa, rata-rata  aktivitas belajar siswa 69,44 pada siklus I menjadi 80,11 menjadi pada siklus II, dan 88,03 pada siklus III. (2) Ada peningkatan sikap siswa terhadap pembelajaran, rata-rata 81,24 pada siklus I menjadi 82,63 pada siklus II, dan 84,83 pada siklus III. (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, pada pada siklus I 61,29% menjadi 67,74% pada siklus II, dan 83,33% pada siklus III.

Kata Kunci : model STS, media pembelajaran, aktivitas belajar, hasil belajar

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Sidi, P., & Sudrajat, A. (2014). PEMBELAJARAN MODEL STS BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, SIKAP, DAN HASIL BELAJAR IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2439

Issue

Section

Articles