PEMBELAJARAN MODEL STS BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, SIKAP, DAN HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2439Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) aktivitas belajar, (2) sikap siswa terhadap pembelajaran, dan (3) hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII-A SMP N 3 Leksono tahun pelajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dengan nilai rata-rata untuk membandingkan kemajuan antar siklus. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa, rata-rata aktivitas belajar siswa 69,44 pada siklus I menjadi 80,11 menjadi pada siklus II, dan 88,03 pada siklus III. (2) Ada peningkatan sikap siswa terhadap pembelajaran, rata-rata 81,24 pada siklus I menjadi 82,63 pada siklus II, dan 84,83 pada siklus III. (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, pada pada siklus I 61,29% menjadi 67,74% pada siklus II, dan 83,33% pada siklus III.Kata Kunci : model STS, media pembelajaran, aktivitas belajar, hasil belajar
Downloads
Published
2014-09-01
How to Cite
Sidi, P., & Sudrajat, A. (2014). PEMBELAJARAN MODEL STS BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, SIKAP, DAN HASIL BELAJAR IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2439
Issue
Section
Articles
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |