Implementasi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Melalui Ekstrakurikuler Wajib Pencak Silat Tapak Suci di SMK Muhammadiyah 2 Blora
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v8i2.35653Keywords:
Tapak Suci, Nilai Karakter, Jujur, DisiplinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin beserta praktiknya saat di dalam maupun di luar melalui ekstrakurikuler wajib Tapak Suci di SMK Muhammadiyah 2 Blora. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter jujur dan disiplin diterapkan menggunakan strategi pembinaan rohani, pemberian nasihat, pemberian hukuman, pembinaan mental dan metode pembiasaan dilengkapi dengan contoh pelatih yang diterapkan dalam latihan rutin dan Ujian Kenaikan Tingkat. Jujur dan displin dipraktikkan baik di dalam ekstrakurikuler Tapak Suci maupun diluar ekstrakurikuler Tapak Suci..
his research is aimed to find out the implementati on of building the values oftrustworthiness and discipline character with the practice both implicit and explicitthrough Tapak Suci compulsory extracurricular in SMK Muhammadiyah 2 Blora. Themethod is qualitative. The result showed that the character values of rustworthiness and discipline could be applied by using spiritual guidance, counseling, giving penalties, mental developing, and using habitual method which provided examples of trainers applied in the regular training and grade examination. Trustworthiness and discipline could be applied in Tapak Suci inside and outside.
References
Direktorat Dikmenjur. (2003). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Imbal Swadaya SMK Kecil. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djiwandono. P. I. (2015). Meneliti Itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.
Hadisi. L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Jurnal Al-Ta'dib, 8 (2). 64.
Hamdi, dkk. 2014. Metodwe Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Hariono. A. (2008). Pencak Silat Sebagai Sarana Pembentukan Karakter. Seminar Olahraga Nasional Ke II . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTS Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education.
Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kriswanto. E. S. (2015). Pencak Silat (Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat, Teknik-Teknik dalam Pencak Silat, Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat). Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Lestari. M. D. (2018). Penanaman Karakter Religius, Disiplin dan Tanggungjawab Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Lulu Putri Utami. 2016. PLS Sebagai Solusi Alternatif Kenakalan dan Degradasi Remaja. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Morissan. (2017). Metode Penelitian Survey. Jakarta: KENCANA.
Mulyana. (2013). Pendidikan Pencak Silat: Membangun Jati Diri dan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslion. E. (2018). Kontemplasi Demokrai, Politik dan Pemerintahan Pasca Reformasi. Yogyakarta: Deepublish.
Nuh. M. (2013). Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Murdiyastomo, HY. A. (2017). Serat Wedatama and character education. Journal of Social Studies (JSS), 13(1). 63-69. https://doi.org/10.21831/jss.v13i1.16974
Poerwandari. (2001). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Putri. N. A. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi. Komunitas.
Quamila. A. (2018). Pengaruh Latihan J-Bands Exercise Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Lengan pada Pukulan Atlet Pencak Silat di Universitas Muhammadiyah Malang. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Rahmawati,dkk. (2015). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Orientasi Tujuan Belajar Siswa SMA/MA di Surakarta. Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis (p. 02). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sukarni, dkk. (2016). Tapak Suci dan Karakter Siswa. Equilibrium.
Sukmadinata. N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sumadi, dkk. (2015). "Pengaruh Disiplin Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Filial", Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (9).
Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1). 1-12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226.
Wibowo. A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, dkk. (2014). "Pengaruh Reward and Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli", Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Vol 2
Yanuar. H. (2015). "Menteri Anies: Pencak Silat Bagian Pembentukan Karakter Anak. Jakarta".https://www.liputan6.com/news/read/2176029/menteri-anies-pencak-silat-bagian-pembentukan-karakter-anak. Diakse pada 19 Januari 2019
Zulfah, Z., & Shofa, R. A. (2019). Information checking as a form of character management in education. Journal of Social Studies (JSS), 15(1). 63-76. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.32809
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).