ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DAN MORFOLOGIS KARANGAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKARTA
Vol. 2 No. 22: DIKSI SEPTEMBER 2014
Articles
September 1, 2014
Penelitian ini bertujuanmendeskripsikan kesalahan sintaksis dan morfologis pada
karangan narrative, recount, dan procedure siswa kelas X SMA BOPKRI I Yogyakarta
serta kemungkinan penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang
menggunakan karangan siswa sebagai sumber data. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan taksonomi kesalahan (Dulay, 1982), teori penyebab kesalahan berbahasa
(Richards, et al. 1974), dan metode agih-padan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
siswa berprestasi tinggi dan sedang memiliki peluang kesalahan relatif sama, sedangkan
siswa berprestasi rendah memiliki peluang kesalahan lebih tinggi; (2) kesalahan sintaksis
paling dominan adalah kesalahan bentuk verba, yaitu penggunaan sistem kala, dan
kesalahan morfologis paling dominan adalah penghilangan infleksi verba; (3) kesalahan
yang mendapat prioritas utama perbaikan adalah kesalahan dengan frekuensi paling
dominan serta kesalahan global yang berupa kesalahan susunan kata; (4) frekuensi
kesalahan ketiga karangan siswa cukup tinggi dan sering terjadi dua kesalahan atau lebih
dalam satu kalimat; dan (5) penyebab kesalahan adalah faktor antarbahasa dan faktor
intrabahasa.
Kata kunci: analisis kesalahan, sintaksis, morfologis, implikasi, pembelajaran
[1]
Pamulat, M.W. and Sugirin, .-. 2014. ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DAN MORFOLOGIS KARANGAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKARTA. Diksi. 2, 22 (Sep. 2014). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3178.
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.
Jurnal Diksi by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi