PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW PADA GURU-GURU SD SOKA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • - Budisantosa SD Soka Bantul

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v19i2.9659

Abstract

Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) ini dilatarbelakangai rendahnya
nilai IPA karena sebagian besar guru masih menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar IPA melalui pendekatan Kooperatif Jigsaw pada guru-guru SD Soka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar IPA melalui pendampingan penggunaan model Kooperatif Jigsaw pada guru-guru SD Soka. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapatmengubah paradigma pembelajaran yaitu perubahan dari paradigma mengajar ke paradigma belajar. Penelitian ini dilaksanakan melalui empat siklus mulai Agustus sampai dengan Desember 2014. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri atas: (1) kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, (2) kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan (3) kinerja siswa dalam mengikuti pembelajaran sebagai dampak aktivitas guru melaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalamimplementasi model pembelajaran kooperatif Jigsaw: (1) ada peningkatan kompetensi guru dalam
menyusun perangkat pembelajaran, (2) ada peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan (3) ada peningkatan kinerja siswa dalam mengikuti pembelajaran. Jadi, model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan mengajar IPA pada guru SD Soka di Pundong, Bantul

Downloads

Published

2016-06-14

How to Cite

Budisantosa, .-. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW PADA GURU-GURU SD SOKA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 19(2). https://doi.org/10.21831/jig cope.v19i2.9659

Issue

Section

Articles