UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI SISWADALAM PEMBELAJARAN SERVIS DAN PERBAIKAN SISTEM AC MOBILMELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIKKOMPETISI PADA KELAS XII SMKN 2 WONOSARI

Authors

  • Bambang Sudiyono

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i0.3006

Abstract

Pembelajaran menggunakan Pendekatan problem based learning (berbasismasalah) dikombinasi dengan teknik kompetisi dilaksanakan dengan maksuduntuk meningkatkan aktivitas dan kompetensi belajar siswa dalam menyelesaikanmasalah servis dan perbaikan sistim AC mobil. Menjadi subyek penerapan adalahsiswa kelas XII jurusan otomotif berjumlah 23 siswa SMK Negeri 2 WonosariGunungkidul Yogyakarta. Sebelum perlakuan tindakan, pelaksanaan pembelajarandi kelas didominasi dengan metode ceramah berbantuan LCD, di awal serangkaianpembelajaran perhatian siswa tinggi namun terjadi penurunan daya aktivitasdan fokus perhatiannya pada serangkaian jam pelajaran berikutnya. Diharapkansetelah mengikuti pelajaran siswa dapat mengenal, mengidentifikasi masalah danmenyelesaikannya dengan menghadapi benda dan masalah sistim AC mobil secaranyata. Dengan pendekatan problem based learning, pembelajaran akan memberikantantangan berkompetisi bagi siswa untuk berlaga dengan maksud merangsang siswauntuk fokus aktif belajar sehingga kompetensinya meningkat. Dengan tindakanmenggunakan pendekatan problem based learning (berbasis masalah) dikombinasidengan teknik kompetisi diperoleh hasil peningkatan kompetensi kemampuanbelajar siswa merangkai kelistrikan komponen dan melakukan servis perbaikansistim AC mobil.

Author Biography

Bambang Sudiyono

SMKN 2 Wonosari Gunungkidul Yogyakarta

Downloads

Published

2013-11-01

How to Cite

Sudiyono, B. (2013). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI SISWADALAM PEMBELAJARAN SERVIS DAN PERBAIKAN SISTEM AC MOBILMELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIKKOMPETISI PADA KELAS XII SMKN 2 WONOSARI. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif. https://doi.org/10.21831/jig cope.v0i0.3006