MENINGKATKAN KEBIASAAN MEMBACA BUKU INFORMASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suci Susilowati SD N Balanggala Tojo Una-Una Sulawesi Tengah

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10792

Abstract

Ulasan ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca buku informasi
pada anak Sekolah Dasar Negeri Balanggala yang belakangan ini mengalami
banyak kemunduran. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak dibiasakan
untuk membaca buku sejak dini. Berdasarkan pembahasan tentang meningkatkan kemampuan baca buku informasi pada anak Sekolah Dasar, diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan indeks minat baca 0,001 yang berarti bahwa baru ada 1 dari 1000 orang yang memiliki minat baca dan menempatkan Indonesia pada peringkat 96 dari negara-negara yang ada di dunia. Padahal untuk membentuk suatu masyarakat yang belajar harus dimulai dari masyarakat yang gemar membaca. Oleh sebab itu, penerapan kebiasaan membaca yang dilaksanakan sejak sekolah dasar akan membantu masyarakat Indonesia memiliki generasi dengan minat baca yang tinggi. Dimulai dari kebiasaan membaca buku-buku informasi pendidikan
yang banyak disediakan di sekolah-sekolah yang memang sudah didesain dengan gaya bahasa yang sederhana dan menarik untuk anak sekolah dasar. Guru dan orang tua juga mengambil peran penting dalam meningkatkan minat baca anak baik di sekolah maupun di rumah sehingga semua saling bersinergi dan berkesinambungan agar kegiatan membaca tidak hanya berlangsung di sekolah saja, tetapi juga tetap menjadi kegiatan rutin di rumah dan di dalam kehidupan sehari-hari 

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Susilowati, S. (2016). MENINGKATKAN KEBIASAAN MEMBACA BUKU INFORMASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v20i1.10792

Issue

Section

Articles