PENERAPAN PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH

Authors

  • Devita Vuri SD N Karawang Kulon 2 Karawang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10790

Abstract

Pembelajaran bahasa di SD kelas rendah meliputi aspek membaca, menulis,
mendengarkan, dan berbicara. Aspek membaca dan menulis merupakan hal
yang sangat penting untuk diajarkan di SD kelas awal. Dengan membaca dan
menulis, semua ilmu pengetahuan akan diserap oleh siswa. Akan tetapi, kesulitan
dalam mengajarkan membaca dan menulis permulaan terletak pada strategi yang
digunakan. Guru cenderung menggunakan panduan buku dengan bahasa yang kaku
dan sulit dimengerti oleh siswa. Sedangkan bagi siswa kelas rendah, belajar haruslah kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Artinya, kegiatan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu, strategi yang dapat diterapkan adalah Pendekatan Pengalaman Berbahasa (Language Experience Approach). Pendekatan ini berdasarkan pengalaman siswa yang kemudian diterapkan dalam mengajarkan membaca dan menulis permulaan pada siswa

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Vuri, D. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v20i1.10790

Issue

Section

Articles