PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI METODE PEER TUTORING PADA SISWA KELAS V SDN 1 PANDOWAN, KULON PROGO

Authors

  • Siti Sugiarti SD N 1 Pandowan Galur Kulon Progo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10789

Abstract

Keterampilan dalam menyelesaikan soal cerita Matematika siswa kelas V yang
rendah mengakibatkan rendahnya keberhasilan belajar siswa. Kondisi ini dikarenakan masih ditemui pembelajaran yang berpusat pada guru. Guru kurang mempercayakan kepada siswanya yang pandai untuk membelajarkan kepada temannya yang kurang mampu. Akibatnya siswa kurang terampil dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Penelitian tindakan ini menggunakan metode peer tutoring dengan membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang heterogen. Siswa-siswa pandai disebar dalam setiap kelompok dan bertindak sebagai tutor sebaya. Guru bertindak sebagai narasumber utama. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pandowan, Brosot, Galur, Kulon Progo. Siswa kelas V sebanyak 24 siswa terdiri 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dalam menyelesaikan soal cerita Matematika siswa kelas V meningkat dengan menggunakan metode peer tutoring. Dari data yang diperoleh pada siklus I, 5 siswa (20,83%) mendapat kriteria baik sekali, 7 siswa (29,17%) mendapat kriteria baik, 10 siswa (41,67%) mendapat kriteria cukup, dan 2 siswa (8,33%) mendapat kriteria perlu bimbingan. Pada siklus II terdapat peningkatan keterampilan dalam menyelesaikan soal cerita Matematika yaitu 9 siswa (37,50%) mendapat kriteria baik, dan 15 siswa (62,50%) mendapat kriteria baik sekali. Hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode peer tutoring. Pada siklus I hasil rata-rata test akhir diperoleh nilai rata-rata 68,75. Pada siklus II tes akhir diperoleh nilai rata-rata 96,75

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Sugiarti, S. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI METODE PEER TUTORING PADA SISWA KELAS V SDN 1 PANDOWAN, KULON PROGO. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v20i1.10789

Issue

Section

Articles