PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X L A MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA DIKLAT MELAKUKAN PEKERJAAN MEKANIK DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 5 SURAKARTA

Authors

  • Hery Ismana SMK N 5 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10788

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa
melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL) pada mata diklat
melakukan pekerjaan mekanik dasar kelas X LA program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 di SMK Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rerata hasil belajar siswa. Apabila dibandingkan rata-rata hasil belajar pada kondisi awal dengan rata-rata hasil tes pada kondisi akhir pada siklus 2 ada peningkatan yang cukup tinggi yaitu:7,60 – 6,5 =1,04. Jika dipersentase kenaikan rata-rata nilai sebesar 15,85%, sedangkan untuk peningkatan proses belajar bila dibandingkan dengan kondisi awal sbb.: (1) jumlah siswa yang bertanya pada kondisi awal ada 6,06% meningkat menjadi 15,15%, (2) jumlah siswa yang aktif dari 12,12% menjadi 63,63%, dan(3) jumlah siswa yang memanfaatkan sumber belajar lain dari 0% menjadi 24,24%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model PBL mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata diklat melakukan pekerjaan mekanik dasar, baik secara proses maupun secara hasil

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Ismana, H. (2016). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X L A MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA DIKLAT MELAKUKAN PEKERJAAN MEKANIK DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 5 SURAKARTA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v20i1.10788

Issue

Section

Articles