PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KLAS X SMA 3 BANTUL

Authors

  • Wahyu Widyastuti SMA N 3 Bantul

DOI:

https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Biologi melalui metode numbered head together, dan (2) meningkatkan hasil belajar Biologi melalui metode numbered head together. Sumber informasi penelitian tindakan kelas ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk memberikan makna keberhasilan, tindakan mengacu pada kriteria relatif. Unjuk kerja dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan hasil lebih baik serta kekurangkurangnya 85% dari jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar â‰¥ 75.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan secara nyata bahwa tindakan penerapan metode numbered head together mampu: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan (2) meningkatkan hasil belajar biologi. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kenaikan rata-rata nilai dari 58,19 sebelum tindakan, siklus I menjadi 70,97, dan di siklus II meningkat menjadi 79,47 

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Widyastuti, W. (2016). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KLAS X SMA 3 BANTUL. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). https://doi.org/10.21831/jig cope.v20i1.10787

Issue

Section

Articles